Leck Murman

WA: 081225243227 .Terlahir sebagai generasi akhir 60-an, PakLeck menghabiskan masa kecil di sebuah desa kecil di Kota Wali, tepatnya di Desa Sidokumpul, Kecamat...

Selengkapnya
23 Cara Efektif Agar Buku Kita Laku

23 Cara Efektif Agar Buku Kita Laku

Pelatihan MediaGuru memberi harapan besar bagi para guru. Harapan memiliki sebuah buku dengan nama sendiri seakan impian yang menjadi nyata. Mempunyai buku bukan lagi sekadar angan. Melalui program Satu Guru Satu Buku (Sagusabu) kini guru tidak gamang lagi menahbiskan diri sebagai guru penulis. Jumlah buku yang telah ditulis tidak menjadi masalah. Yang penting sebuah buku sebagai hasil jerih payah menulisnya adalah buktinya.

Buku sebagai sebuah karya sangat bermanfaat bagi guru. Salah satunya adalah bisa digunakan untuk kenaikan pangkat. Bisa juga untuk popularitas. Namun demikian, sebenarnya buku juga bisa mendatangkan manfaat secara finansial. Dengan menjual bukunya, guru bisa memperoleh tambahan materi. Bahkan ada yang bisa mencapai hingga puluhan atau ratusan juta rupiah.

Yang jadi pertanyaan, bagaimana agar buku bisa laku di pasaran? Dari cerita para guru penulis buku yang sudah sukses memasarkan bukunya, bisa diambil pelajaran sebagai berikut:

1. Jalin komunikasi

Banyak cara untuk menjalin komunikasi. Salah satu cara yang paling efektif adalah melalui pertemanan di media massa. Apabila Anda memiliki banyak grup di WA, anggap saja itu sebagai anugerah. Jangan karena kapasitas memori terbatas lalu meninggalkan semua grup WA. Kalau itu dilakukan berarti membatasi diri untuk menjalin komunikasi.

Ketika berada di grup, jangan lupa biasakan diri untuk sekadar menyapa teman-teman. Sapaan rutin perlu kita lakukan agar teman-teman merasa senang dan keberadaan kita juga diperhitungkan.

Selain grup WA, berbagai bentuk media sosial lainnya juga efektif untuk membangun komunikasi, baik itu fesbuk, twitter, instagram, atau yang lainnya. Prinsipnya, jangan lupa untuk saling memberi, saling berbagi, dan bertegur sapa.

2. Bikin promo diskon

Agar buku kita laku, kita tidak boleh malu untuk menawarkan, baik kepada teman-teman di sekitar maupun kepada teman-teman di dunia maya. Sangat dianjurkan dalam waktu-waktu tertentu, kita membuat sebuah program khusus yaitu Promo Diskon. Bagaimanapun, masyarakat di sekitar kita itu masih suka membeli barang karena adanya diskon. Untuk itu, kita bisa memanfaatkan peluang seperti itu. Rentang diskon tidak harus tinggi. Yang penting menarik bagi calon pembeli.

3. Kolaborasi dengan teman

Untuk mendongkark penjualan buku, kita bisa juga bekerja sama dengan teman. Caranya, kita menjual bareng buku kita lalu dijual secara bundling (paket). Dengan cara pembelian paket, kita diuntungkan karena buku kita akan saling mendukung dalam promosi. Apalagi bila diikuti dengan pemberian diskon, ditanggung wow.

4. Ciptakan branding

Branding diciptakan untuk memberi kesan spesifik dari calon pembeli. Ketika calon pembeli mendengar nama kita, mereka akan teringat dengan karya kita. Dengan branding inilah, buku-buku kita akan mendapatkan tempat di hati para calon pembeli.

5. Jangan lupa untuk berkreasi dan berinovasi sesuai pengalaman dan bakat Anda. Selanjutnya bagikan kepada teman-teman lainnya inovasi Anda itu mulai nomor 5 sampai 23. Ingat, jangan pernah menyerah. Keberhasilan ada di tangan kita. Abaikan nomor 5 sampai 23 bila memang Anda sudah berhasil.

Yang terakhir, jangan lupa beli buku saya yang berjudul Mudahnya Menulis Tanpa Ide. Dengan membeli buku saya ini berarti secara tidak langsung Anda mendukung ide yang saya tulis di atas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mantabs Pak Leck, luar biasa

05 Jan
Balas

Sudah keduluan pak Syaihu berbagi buku. Keren abis

05 Jan

Terima kasih Pak Leck, semoga bisa mengamalkan.

05 Jan
Balas

Bismillah

05 Jan

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali