Leck Murman

WA: 081225243227 .Terlahir sebagai generasi akhir 60-an, PakLeck menghabiskan masa kecil di sebuah desa kecil di Kota Wali, tepatnya di Desa Sidokumpul, Kecamat...

Selengkapnya
Ada Minarni di Google Doodle

Ada Minarni di Google Doodle

Ada yang luar biasa di pagi ini, terutama bagi kalangan olahraga tanah air. Google Doodle menampilkan sosok Minarni Soedarjanto di laman pencarian google. Penampilannya adalah sebagai penghargaan atas prestasinya tepat di hari ulang tahunnya. Siapakah Minarni itu? Mengapa hari ulang tahunnya mendapatkan apresiasi khusus dari Google?

Minarni lahir di Pasuruan, Jawa Timur, 10 Mei 1944. Semasa hidupnya, ia aktif bermain bulutangkis bersama pendekar-pendekar bulutangkis saat itu. Ia merupakan pahlawan bulutangkis di era Rudy Hartono, Ang Tjin Siang (Muljadi), dan Retno Kustiyah. Pada laga All England 1968, mereka sukses menorehkan tinta emas kala itu. Minarni Soedarjanto meraih medali perak di nomor tunggal putri. Rudi Hartono meraih gelar juara, dan Ang Tjin Siang mendapat medali perunggu. Tak hanya itu, Minarni Soedarjanto juga menjadi yang terbaik di nomor ganda putri bersama pasangannya, Retno Koestijah. Mereka menjelma menjadi salah satu pasangan putri paling berbahaya di dunia pada dekade 1960-an. Sejarah mencatat bahwa Minarni Soedarjanto menjadi pemain bulu tangkis putri Indonesia pertama yang menyentuh final All England.

Selain Berjaya di All England, Minarni Soedarjanto juga menorehkan sejarah emas bagi bangsa Indonesia dengan prestasi gemilangnya. Tercatat ia pernah meraih gelar juara Malaysia Terbuka, As Terbuka, Kanada Terbuka, dan Piala Uber. Ia menjadi bagian dari tim Uber Indonesia pada 1975 di Jakarta. Ketika itu, tim Uber Indonesia menjadi juara untuk pertama kalinya usai mengalahkan Jepang 5-2 di final.

Pada 14 Mei 2003, Minarni Soedarjanto mengembuskan napas terakhir dalam usia 59 tahun di RS Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta Selatan karena komplikasi radang paru-paru dan hati. Jenazahnya dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Hari ini, Google merayakan ulang tahun Minarni Soedarjanto dan mengenang kejayaan sektor putri bulu tangkis Indonesia.

Keterangan: Diolah dari berbagai sumber

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

semoga semangat juangnya memvibrasi kita- kita angkatan penerus, sehingga terus menjadi pribadi2 betprestasi

10 May
Balas

Amiin. Menjadi guru berprestasi di luar dan di dalam kelas

10 May
search