Leck Murman

WA: 081225243227 .Terlahir sebagai generasi akhir 60-an, PakLeck menghabiskan masa kecil di sebuah desa kecil di Kota Wali, tepatnya di Desa Sidokumpul, Kecamat...

Selengkapnya
Aku Guru Desa
https://www.brilio.net/creator/keindahan-kehidupan-sehari-hari-orang-indonesia-di-kampung-053132.html

Aku Guru Desa

Aku orang desa. Lahir dan besar di desa. Menghabiskan waktu tua juga di desa. Bergaul dan berkomunikasi sehari-hari juga dengan orang desa.

Hanya nasib yang membawaku kadang-kadang pergi ke kota. Punya teman dan sahabat yang berasal dari kota.

Aku bekerja di sekolah yang ada di desa. Muridnya berasal dari desa. Tidak ada yang istimewa dan bisa dibanggakan. Eits, memang demikianlah keadaannya. Anak-anak yang masih polos dan jauh dari kemewahan kota. Anak-anak yang masih suka bermain sepak bola di halaman sekolah setiap kali ada kesempatan.

Aku hidup dengan budaya desa. Banyak tradisi silaturahmi yang mesti dijalani. Berkunjung dan saling memberi menjadi tradisi yang tidak bisa berhenti. Mulai dari urusan pernikahan, membangun rumah, hingga perayaan. Belum lagi urusan peringatan kematian dan berbagai bentuk tasyakuran. Tanpa diundang dan tanpa disuruh, sebagai warga desa harus siap sedia untuk saling berkunjung dan bersilaturahmi ke rumah orang yang “punya kerja”. Jangan berharap merasa tidak diundang. Bila tidak datang, akan dipandang sebagai orang yang tidak sayang dan balasan yang diterima akan menyakitkan.

Hidup di desa masih diberi kenikmatan menyaksikan murninya alam. Air mengalir bersih dari sungai kecil menjadi pemandangan yang masih bisa dinikmati setiap hari. Anak-anak perempuan bermain “pasaran” dengan segala celotehnya menjadi hiasan di kala penat melanda. Anak-anak laki dengan keringat mengucur di badan berlarian ke sana kemari mengejar bola menjadi pemandangan sehari-hari. Indahnya alam desaku.

Aku seorang guru desa. Setiap hari bergaul dan belajar bersama anak-anak desa. Teknologi modern sudah masuk dan mewarnai kehidupan, tetapi belum sebanding dengan yang dimiliki warga kota. Ingin sekali guru desa melanglang buana. Pergi ke tempat-tempat di seluruh penjuru nusantara. Keinginan dan harapan yang tidak mudah terlaksana. Semoga bisa!

Ramadan 1440 hari ke-12

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

search