Leck Murman

Ingin menjadikan menulis sebagai bagian dari hidupnya. Walaupun tidak memiliki banyak teori tentang menulis yang penting menulis, menulis, dan menulis. Itu...

Selengkapnya
Apa yang Ada di Sagusabu MediaGuru?
http://estupitarto.gurusiana.id/article/sagusabu-keniscayaan-menerbitkan-buku-2265150

Apa yang Ada di Sagusabu MediaGuru?

Sabtu-Minggu, 3-4 November 2018, pelatihan Sagusabu Batang digelar. Kegiatan yang dikomandani oleh Nurani Ike Budiatmawati diikuti oleh 128 peserta. Sagusabu ini dilaksanakan di Ballroom Hotel Sahid Mandarin Pekalongan, sebuah hotel berbintang tiga.

Setiap kali diklat Sagusagu digelar, banyak guru yang mengikuti. Mereka tidak hanya datang dari kota tempat dilaksanakannya kegiatan, tetapi juga berasal dari luar kota. Bahkan ada juga yang datang dari luar provinsi atau luar pulau. Seperti Sagusabu yang dilaksanakan di Batang ini. Banyak peserta yang berasal dari Batang sebagai tuan rumah, Pekalongan, Pemalang, Brebes, Semarang, dan kota lainnya.

Antusiasme peserta untuk mengikuti Sagusabu tentu bukan tanpa alasan. Mereka datang dengan penuh semangat untuk mengikuti Sagusabu. Demi sebuah mimpi menulis dan menerbitkan buku. Awalnya memang banyak yang ragu. Tetapi, begitu mengikuti kegiatan, keraguan seakan lenyap dan berubah menjadi semangat.

Mengapa peserta yang semula ragu berubah menjadi semangat dan antusias mengikuti Sagusabu?

Sebenarnya Sagusabu bukanlah kegiatan yang istimewa. Kegiatan yang dilaksanakan dalam diklat Sagusabu mungkin saja sama atau mirip dengan kegiatan yang lain. Lalu, mengapa banyak orang tertarik mengikuti?

Tentu saja ada yang membedakan antara Sagusabu MediaGuru dengan yang lain. Yang pertama adalah narasumbernya yang keren, mumpuni, dan penuh stamina. Selain itu, mereka adalah narasumber yang sudah dibekali dengan pelatihan tingkat nasional oleh Ditjen GTK Kemendikbud. Alhasil, kualitas mereka tidak diragukan lagi.

Yang kedua, atmosfir yang dibangun sangat mendukung bagi selesainya sebuah buku. Semangat bekerja sama, saling mendukung, dan saling menyemangati, selalu dirasakan mulai awal hingga akhir. Bahkan peserta memahami dengan baik sebuah prinsip keberhasilan yaitu “Maju Bersama, Sukses Semua”. Dengan prinsip ini, peserta bahu-membahu untuk mewujudkan target menulis buku.

Yang ketiga dan ini yang penting, materi yang disajikan dikemas sangat sederhana, mudah dipahami dan dipraktikkan, dan mengalir dari awal hingga akhir. Yang lebih menarik, peserta dibimbing sejak awal mulai dari menulis judul, membuat kata pengantar, menyusun sinopsis, hingga menulis profil. Begitu pelatihan selesai, peserta tinggal melengkapi isi bukunya. Menarik sekali, bukan?

Satu lagi yang istimewa dari Sagusabu adalah adanya pembimbingan pasca-pelatihan. Secara daring, peserta dibimbing oleh narasumber dan editor untuk menyelesaikan naskahnya. Waktu pembimbingan selama satu bulan dan dalam kurun waktu itu peserta diberi kesempatan untuk berkonsultasi baik tentang teknis menulis maupun hal ihwal penerbitan.

Dengan keistimewaan yang dimiliki ini, tidak heran bila Sagusabu mendapat sambutan yang luar biasa dari para guru.

Batang, 04112018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mantabs Pak Leck, terus berjaya guru Indonesia dengan berkarya

04 Nov
Balas

Ibu sudah banyak folower , kapan sy seperti ibu wuiih

04 Nov
Balas

Ibu siapa yes?

29 Nov

Mantaps Pak....

04 Nov
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali