Leck Murman

Ingin menjadikan menulis sebagai bagian dari hidupnya. Walaupun tidak memiliki banyak teori tentang menulis yang penting menulis, menulis, dan menulis. Itu...

Selengkapnya
Buku Laris Manis dengan Copywriting

Buku Laris Manis dengan Copywriting

Sebagai penulis buku, kita kadang dihadapkan pada sebuah situasi yang sulit ketika harus menjual buku. Sudah promosi ke sana kemari, bukunya belum laku-laku. Apakah bukunya yang kurang bermutu atau cara promosinya yang kurang menarik? Bagaimana agar buku yang kita tulis bisa menarik perhatian pembaca dan mau membeli buku kita?

Apabila Anda pernah mengalami dan merasakan seperti itu, sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu tentang copywriting. Apa itu copywriting? Berikut ulasannya.

Apa itu Copywriting?

Secara umum copywriting dapat didefinisikan sebagai seni menulis untuk mendapatkan respon dari pembaca. Menurut Wikipedia, copywriting adalah tindakan penulisan teks yang bertujuan untuk iklan atau bentuk lain dari pemasaran. Produk atau copy adalah konten yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran pembaca pada merk.

Copywriting banyak digunakan oleh blogger, marketing, dan pemiliki usaha untuk memperoleh pembaca atau target pasar yang lebih luas melalui tulisannya.

Apakah sebuah tulisan dapat memengaruhi dan menjual?

Di sinilah pentingnya seorang copywriter dalam merangkai sebuah tautan kata yang dapat menyihir pembaca. Copywriter harus memiliki kemampuan membuat tulisan yang memiliki karakter seolah berbicara kepada pembaca. Dengan demikian tulisan tersebut dapat memengaruhi pembacanya. Copywriting dapat menarik para pembaca untuk melakukan sebuah tindakan atau respon

Copywriting yang baik dapat menghasilkan sebuah tindakan dari pembaca, seperti pembelian, mendaftar, atau lainnya. Ketika seseorang melakukan sebuah bisnis dalam dunia internet, maka dia harus menyertakan copywriting di dalamnya.

Jadi, apa pentingnya copywriting?

Copywriting dapat dikatakan sebagai proses menulis materi promosi iklan untuk memberikan pemahaman kepada pembaca tentang produk yang kita miliki. Teknik ini tidak sama seperti berita atau konten lainnya. Copywriting merupakan sebuah tulisan yang dapat membuat pembaca mengambil tindakan seperti membeli, terlibat dalam produk, layanan, atau lainnya.

Untuk memperoleh sebuah copywriting yang baik maka seorang copywriter harus memiliki beberapa kemampuan berikut:

1. Kemampuan menulis yang baik

Tulisan seorang copywriter juga harus memiliki beberapa hal berikut:

  • Menciptakan sebuah tulisan yang mudah dibaca.
  • Membuat sebuat topik yang rumit menjadi sederhana.
  • Menulis secara mengalir.
  • Membuat kesimpulan yang menarik.
  • Menempatkan kata terbaik pada tulisannya.
  • Membuat pembukaan tulisan yang menarik perhatian.
  • Menyesuaikan gaya tulisan dengan target pembaca.

2. Membuat headline yang menarik perhatian

Headline merupakan sebuah pintu utama bagi kita untuk menarik pembaca agar mau membaca konten. Copywriter harus mampu membuat sebuah headline yang dapat memancing pembacanya. Kesalahan pembuatan headline ini bisa berdampak fatal pada konten. Mungkin kita pernah membaca sebuah konten yang berkualitas namun hanya sedikit lalu lintas ke konten tersebut. Untuk itu seorang copywriter harus benar-benar memahami bagaimana membuat sebuah headline yang unik dan bersahabat.

3. Mengutamakan kenyamanan pembaca

Copywriter harus memiliki kemampuan untuk menempatkan kata per kata pada tempatnya. Maksudnya sebuah konten dapat membuat pembaca menjadi nyaman dan mudah memahami tentang isi tulisan yang kita buat.

Salah satu cara agar pembaca tidak bosan dengan semua konten kita adalah dengan menggunakan bahasa yang mereka gunakan. Caranya, coba kita dekatkan brand kita dengan gaya bahasa mereka. Kita coba untuk menjadi fleksibel dan tidak kaku dalam penerapan bahasa.

Mengapa kita harus memperhatikan kenyamanan pembaca?

Pembeli adalah raja”. Konsep ini juga harus diterapkan juga dalam copywriting. Pembaca adalah seorang calon pembeli yang harus kita buat senyaman mungkin.

Salah satu alasan paling dasar adalah mereka sering tidak peduli dengan siapa kita. Mereka hanya peduli dengan hal yang berhubungan dengan mereka. Karena itulah kita harus dapat memahami hal tersebut dan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan mereka. Kemudian, kita buat konten-konten yang berkaitan dengan kebutuhan mereka. Selain itu, kita hindari membuat konten yang membosankan, berbasa-basi atau apa pun yang membuat pembaca merasa tidak nyaman. Ingatlah selalu bahwa mereka hanya peduli dengan kebutuhan mereka bukan siapa diri kita.

4. Mampu mengarah pada pembaca yang tepat

Sebuah copywriter harus menuliskan sebuah konten yang sesuai dengan tipe brand yang akan kita tulis. Jangan sampai sebuah konten bertolak belakang dengan produk yang kita jual.
Siapakah audiens kita?

Setidaknya kita harus melakukan sebuah evaluasi sederhana terhadap target pembaca. Dengan mengetahui audiens kita dapat memaksimalkan konten dan melakukan perbaikan terhadap brand.

5. Pemasaran atau respon

Copywriting bermuara pada pada sebuah poin yaitu pemasaran. Seorang penulis yang baik harus benar-benar menyadari tentang bagaimana cara mendalami konten sehingga tulisan tersebut memiliki karakter untuk pemasaran. Untuk itu copywriter harus benar-benar pandai membungkus sebuah penjualan menjadi sebuah pemberian manfaat pada pembaca.

Diambil dan diringkas dari https://www.pahlevi.net/apa-itu-copywriting/ tertanggal 4 Maret 2019 pukul 16.28

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Menginspirasi da memperoleh ilmu baru dari Pak Lek. Barakallah

04 Mar
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali