Leck Murman

Ingin menjadikan menulis sebagai bagian dari hidupnya. Walaupun tidak memiliki banyak teori tentang menulis yang penting menulis, menulis, dan menulis. Itu...

Selengkapnya
Guru Itu Ngayomi, Ngayemi, Nglayani

Guru Itu Ngayomi, Ngayemi, Nglayani

Yang pertama, saya mohon maaf karena judul yang saya tulis menggunakan ungkapan bahasa Jawa. Tetapi artikel yang akan saya tulis tetap menggunakan bahasa Indonesia dan ungkapan dalam judul itu juga akan saya uraikan dalam bahasa Indonesia.

Judul di atas sengaja saya tulis apa adanya sesuai dengan yang saya dengar ketika saya mendapatkannya dari seorang teman. Pada saat rapat, dia mengatakan ungkapan yang menurut saya sangat menarik. Ungkapan itu berkaitan dengan fungsi seorang pemimpin dalam konteks lingkungan sekolah. Menurutnya pemimpin itu harus bisa ngayomi, ngayemi dan nglayani. Yang dimaksud pemimpin dalam hal ini bisa seorang kepala sekolah terhadap semua warga sekolah maupun guru terhadap siswa-siswinya.

Apa sebenarnya konsep ngayomi, ngayemi, dan nglayani?

Dalam penjelasannya teman saya mengatakan bahwa ngayomi adalah sifat pemimpin yang sebenarnya. Ngayomi berarti pemimpin harus mampu memberikan perlindungan kepada yang dipimpinnya. Kepala sekolah harus bisa melindungi gurunya dan sekolah harus bisa melindungi siswanya. Ketika guru mempunyai masalah, kepala sekolah harus berani tampil untuk memberikan pengayoman baik diminta maupun tidak. Guru membutuhkan pengayoman dan perlindungan dan kepala sekolah memberikannya. Begitu juga yang diharapkan oleh siswa. Ketika siswa mempunyai masalah, guru harus bersedia memberikan pengayoman dan perlindungan kepada siswanya.

Ngayemi adalah memberi rasa tenteram kepada sesam. Kepala sekolah harus mampu memberikan rasa tenteram kepada para guru dan guru memberikan rasa tenteram kepada anak didiknya. Rasa tenteram merupakan bekal bekerja yang sangat baik. Apabila hati merasa tenteram, pekerjaan akan bisa dilaksanakan dengan baik. Sebaliknya, guru yang bekerja dalam situasi yang penuh tekanan akan bekerja asal-asalan dan tidak sesuai target. Sebaiknya Kepala sekolah memang membuat situasi kerja yang ayem tentrem sehingga guru merasa nyaman bekerja di sekolah. Dengan suasana hati yang nyaman, pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan akan semakin mudah tercapai.

Bagi seorang anak, rasa tenteram mempunyai andil yang sangat penting dalam kesuksesan belajar. Anak yang bsering dimarahi oleh gurunya, sering menimbulkan dendam pada gurunya. Di samping itu, anak juga merasa tidak nyaman dalam belajar. Di kelas, mereka juga tidak betah. Rasa berontak dan ingin keluar dari sekolah selalu mempengaruhi pikirannya. Kalau hal itu terjadi, prestasi anak akan mengecewakan dan potensi anak tidak bisa berkembang secara optimal. Untuk itu, guru sebagai manajer di kelas sudah seharusnya membuat suasana yang nyaman dan menenteramkan bagi anak didiknya.

Sifat kepemimpinan yang terakhir adalah nglayani yang berarti melayani. Kepala sekolah sebagai pimpinan di sekolah harus mau menjadi pelayan bagi guru-gurunya. Dalam beberapa hal, kepala sekolah bisa memberikan instruksi dan pengarahan kepada para guru dan stafnya. Tetapi, dalam beberapa hal lainnya kepala sekolah harus mau melayani. Begitu pula yang terjadi pada hubungan guru dengan siswa. Agar bakat dan minat anak bisa berkembang sesuai kapasitasnya, guru harus mau melayani anak didik. Memberikan pembelajaran yang terbaik termasuk salah satu bentuk pelayanan. Melatih ekstrakurikuler juga salah satu bentuk layanan kepada anak didik.

Melayani siswa adalah inti dari kegiatan pembelajaran di sekolah. Kepala sekolah dan guru pada prinsipnya adalah memberikan layanan kepada siswa. Layanan yang terbaik tentunya. Apabila sekolah sudah bisa memberikan layanan yang terbaik bisa dipastikan kemampuan anak akan berkembang dan anak mendapatkan tempat yang tepat dalam mengembangkan dirinya.

Ngayomi, ngayemi, dan nglayani. Itulah ciri kepemimpinan di sekolah baik oleh kepala sekolah maupun guru. Sudah kita memiliki dan melaksanakannya?

Sambil jaga tes di sekolah

12122017

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mari kita melayani siswa dengan sepenuh hati Bahasa Jawa itu memang keren ya Pak Lec

12 Dec
Balas

Mudah diucapkan mudah ditulis...kadang lupa utk melakukan...Trmksh Pak Leck sdh mengingatkan.

12 Dec
Balas

siap laksanakan

12 Dec
Balas

Mantaap Pa Leck..

12 Dec
Balas

Fungsi Manajemen sederhana namun sangat mantap dan mengena pak mantap lanjutkan

12 Dec
Balas

siap, Bapak

12 Dec

Fungsi Manajemen sederhana namun sangat mantap dan mengena pak mantap lanjutkan

12 Dec
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali