Leck Murman

Ingin menjadikan menulis sebagai bagian dari hidupnya. Walaupun tidak memiliki banyak teori tentang menulis yang penting menulis, menulis, dan menulis. Itu...

Selengkapnya
Ikut Sagusabu: Apa yang Harus Dipersiapkan?

Ikut Sagusabu: Apa yang Harus Dipersiapkan?

Apakah Anda sering ikut diklat guru?

Anda tidak perlu repot-repot cerita tentang betapa membosankannya pelatihan yang pernah Anda ikuti selama ini. Peserta datang, duduk mendengarkan, memendam perasaan bosan hingga berhari-hari, lalu selesai dan pulang. Lebih baik simpan saja cerita itu. Mudah-mudahan tetap ada manfaatnya di kemudian hari.

Kali ini kita ingin cerita tentang sebuah pelatihan yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak guru Indonesia, bahkan luar negeri. Pelatihan menulis yang dilaksanakan dengan konsep lebih banyak praktik dibanding teori. Memupuk semangat menulis dan mewujudkan ide dalam sebuah buku. Itulah pelatihan Sagusabu MediaGuru.

Apa yang harus dipersiapkan untuk mengikuti pelatihan Sagusabu?

1. Tekad, semangat, dan niat

2. Bawa laptop beserta charger dan kabel roll

3. Jaringan internet

Tertulis di urutan teratas adalah tekad, semangat, dan niat. Iya, peserta Sagusabu tidak perlu membawa bekal berupa buku-buku tebal apalagi buku komik sebagai referensi. Peserta cukup membawa semangat dan niat saja. Dengan tekad kuat, peserta sangat mungkin bisa menghasilkan sebuah buku. Bagaimana kalau peserta membawa camilan khas daerah buat sesama peserta, panitia, dan narasumbernya? Apabila ada yang punya inisiatif seperti itu tentu sangat diapresiasi dan tidak mungkin ditolak.

Selain semangat yang harus tetap terjaga, peserta juga diharapkan membawa laptop. Banyak tugas yang harus dikerjakan berbasis online. Untuk itu, pastikan terdapat jaringan internet di dalam laptopnya. Bagaimana kalau menyelesaikan tugasnya di dalam hape android? Kalau menggunakan hape, sangat sulit bagi narsum untuk mengoreksi dan mereview hasil pekerjaannya. Jadi, pakai laptop saja ya. Lebih nyaman dan menyenangkan, bukan?

Jaringan internet juga diperlukan ketika ada tugas mengirim tulisan ke blog yang dimiliki MediaGuru. Apa itu blog-nya? Tulisan dikirim ke www.gurusiana.id

Untuk itu, sebaiknya peserta sudah mempersiapkan diri dengan membuat akun di gurusiana.id. Mudah sekali kok caranya. Tidak sampai lima menit untuk membuat akun. Selain mengirim tulisan ke gurusiana.id, peserta juga harus mengirim tugas melalui email.
Jadi, pastikan punya akses internet agar tugas-tugasnya bisa dikerjakan dengan lancar. Tugas selesai, hati senang, tidur tenang.
Sampai ketemu di Sagusabu MediaGuru. Bravo!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Kapan ya ikut sagusabu dengan Leck Murman narasumbernya?

12 Jan
Balas

Artikel yang sangat bermanfaat. Ijin share buat teman yg besok mau ikut pelatihan sagusabu ya, Pak

11 Jan
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali