Leck Murman

Ingin menjadikan menulis sebagai bagian dari hidupnya. Walaupun tidak memiliki banyak teori tentang menulis yang penting menulis, menulis, dan menulis. Itu...

Selengkapnya
Mengapa Tulisan Kita Tidak Populer?

Mengapa Tulisan Kita Tidak Populer?

Mungkin kita pernah berpikir bahwa tulisan yang kita unggah di gurusiana tidak populer. Sejak dimuat dari pagi hingga menjelang malam, hanya beberapa orang yang saja yang berkenan membacanya. Alih-alih menjadi artikel populer, tulisannya tidak ada yang membaca sama sekali. Kalau ada mungkin tidak lebih dari sepuluh orang yang mau membacanya. Apakah ini pertanda bahwa tulisan yang kita unggah itu jelek dan tidak menarik? Apakah karena kita adalah pendatang baru sehingga tidak ada yang mau membaca tulisan kita? Apakah penyebab sebenarnya?

Bila Anda pernah merasakan kalau tulisannya kurang bagus, itu wajar saja. Bila Anda merasa kurang populer, itu juga wajar. Akan tetapi, apakah tulisan yang dibaca oleh banyak orang adalah tulisan yang bagus dan ditulis oleh orang yang sudah popular? Dari perbincangan sana-sini, ternyata tulisan yang dibaca oleh banyak orang belum tentu tulisannya bagus. Belum tentu juga tulisannya berkualitas. Atau ditulis oleh orang-orang yang sudah terkenal.

Sebagai penulis, sebaiknya kita tidak perlu risau dengan jumlah pembaca. Dengan niat menginspirasi, berapa pun jumlah pembacanya, tidak akan mengurangi kualitas tulisan kita. Tidak juga menghilangkan niat baik kita. Bila Anda punya niat baik, lakukan. Tulis dan unggah di gurusiana. Setelah itu, lupakan. Biarkan tulisan itu menemui takdirnya.

Tabik

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Sangat setuju pak. Tulisan populer bukan ditentukan oleh banyaknya pembaca atau banyaknya komentar yg diberikan. Ada yg membaca,menikmati tulusan tetapi tidak memberi komentar. Dia membaca sekedar menemukan ide dan ingin mengembangkan ide. Itu saja pak dari saya, Tarutung , Sumut.

02 Mar
Balas

Mantul Pak Leck, tulisan saya juga sepi pembaca, kurang nutrisi ya Pak Leck?

02 Mar
Balas

Iya Pak Leck, kadang penulis pemula seperti saya belum PD karena tulisan kurang bagus

03 Mar
Balas

Menginspirasi Pak Lek

02 Mar
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali