Leck Murman

Ingin menjadikan menulis sebagai bagian dari hidupnya. Walaupun tidak memiliki banyak teori tentang menulis yang penting menulis, menulis, dan menulis. Itu...

Selengkapnya
Senangnya Mengikuti Workshop Jurnalis Laman di Bali

Senangnya Mengikuti Workshop Jurnalis Laman di Bali

Sanur, Bali - Selama beberapa hari, tepatnya 5-8 Desember 2018, LPMP Jawa Tengah mengadakan kegiatan Workshop Peningkatan Kompetensi Tim SPI, SPIP, UPG, dan Jurnalis Laman. Kegiatan ini bertempat di Hotel Grand Inna Bali Beach, sebuah hotel berbintang 5 di tepi pantai Sanur. Peserta yang mengikuti kegiatan workshop sebanyak 30 orang dari unsur Pimpinan, Staf, dan Widyaiswara LPMP.

Acara dibuka oleh Kepala LPMP Jawa Tengah, Drs. Harmanto, M.Si. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa workshop ini mempunyai arti penting dalam membekali Tim untuk bisa bekerja lebih baik lagi. Beliau berharap para peserta bisa memanfaatkan kesempatan untuk menimba ilmu sebaik mungkin dari semua narasumber yang ada. Untuk mendukung kegiatan, beliau mengajak para peserta untuk berkunjung ke beberapa lokasi termasuk ke LPMP Bali dan Universitas Udayana. Harapannya, banyak ilmu yang bisa diperoleh untuk dikembangkan di LPMP Jawa Tengah.

Selain Kepala LPMP Jawa Tengah, Kepala LPMP Bali juga memberikan sambutan selamat datang kepada semua peserta workshop. Beliau menyampaikan rasa sukacitanya karena dikunjungi oleh teman sejawat dari LPMP Jawa Tengah. Sebagai ungkapan rasa bahagianya, beliau mempersilakan para peserta untuk berkunjung ke LPMP Bali. Harapan yang sangat berkesan dari beliau adalah agar peserta workshop berkenan menghabiskan semua uang sakunya di Bali. Bila perlu, pulang tidak usah bawa uang. Semuanya diganti dengan oleh-oleh hasil belanja di Bali.

Selama kegiatan, peserta dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama bertugas di SPI, SPIP, dan UPG. Narasumbernya berasal dari Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud, Jakarta. Sedangkan kelompok dua bertugas di Jurnalis Laman. Sebagai narasumbernya adalah Muh Doyin dari UNNES Semarang, Saronji dari Suara Merdeka, dan Murman dari SMP Negeri 3 Guntur, Demak.

Dalam paparannya Muh Doyin, doktor spesialisasi Apresiasi Puisi ini, menyampaikan materi tentang Penulisan Esai. Saronji, wartawan senior di Suara Merdeka, menyampaikan Kode Etik Jurnalistik dan Penulisan Berita sebagai sajian materinya. Narasumber yang ketiga adalah Murman, instruktur nasional Sagusabu dari MediaGuru. Bersama peserta, ia praktik membuat tulisan berbentuk artikel popular.

Workshop Jurnalistik Laman dilaksanakan dengan suasana yang sangat menarik dan menyenangkan. Selain pembelajaran di kelas yang diisi dengan sajian materi disertai dengan praktik, peserta juga diajak pembelajaran di luar kelas (outing). Sambil menikmati berbagai objek wisata yang indah di Bali, peserta diajak praktik menulis.

Workshop yang luar biasa.

Murman

Sanur-Bali, 06122018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Belajar dan melalang buana. Salam sukses. Buat semua,Pak.

06 Dec
Balas

Workshop di Bali, keindahan Pulau Dewata akan membawa inspirasi dan motivasi untuk menulis dan menulis...sukses slalu Pak Murman...

06 Dec
Balas

Wow...Bali, selalu berdecak kagum bila mendengarnya dan tidak akan ada habis ceritanya. Pak Leck semangat, salam sehat dan sukses, barakallah. Ditunggu cerita berikutnya.

06 Dec
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali